Mengenal Federasi ASPEK Indonesia

Jakarta, SPDNews – Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia atau ASPEK Indonesia adalah federasi nasional Serikat Pekerja di sektor jasa yang dideklarasikan pada tanggal 11 November 1998 dan kongres pertamanya tanggal 20 Februari 1999.

Kantor ASPEK Indonesia beralamat di Graha Alam Indah, Jl. Condet Raya Blok C/8, RT 001 RW 003, Kramat Jati, Jakarta Timur.

ASPEK Indonesia berafiliasi dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan UNI (Union Network International) Global Union.

Dikutip dari aspekindonesia.org, jumlah Serikat Pekerja yang telah berafiliasi hingga saat ini adalah 65 Serikat Pekerja dari berbagai Perusahaan (lokal maupun internasional), dengan jumlah anggota saat ini lebih kurang 71.000 Pekerja dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

Sektor-sektor yang ada dalam ASPEK Indonesia adalah finance, postal, telecom, commerce, media entertainment & art, graphical, property & service, health & pharmacy, IBITS dan migrant worker.

Visi

Pekerja harus menjadi subjek yang berperan aktif dalam suatu proses pembuatan kebijakan baik pada tingkat perusahaan, lokal, regional, nasional maupun internasional.

Pekerja akan memiliki kekuatan dan posisi tawar apabila bersatu dalam wadah Serikat Pekerja. Dengan kekuatan ini, Pekerja dapat memainkan perannya secara signifikan dalam membela dan melindungi kepentingan dan hak-hak Pekerja.

Serikat Pekerja harus dibangun dan dikembangkan secara profesional berdasarkan prinsip-prinsip SIDURE (solidarity, independency, democracy, unity, responsibility dan equality). Image yang buruk tentang Serikat Pekerja selama ini, karena tidak diterapkannya prinsip-prinsip tersebut secara utuh dan menyeluruh.

Hubungan kemitraan dengan pihak perusahaan dibangun diatas 4 landasan pokok, yaitu mutual understanding, mutual respect, mutual trust dan mutual benefit guna mencapai win-win solution melalui suatu proses tawar menawar (bargaining) dalam iklim dialog yang sehat dan konstruktif.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, Serikat Pekerja tidak bisa lagi mengandalkan gerakannya pada cara-cara, strategi-strategi dan hukum-hukum yang bersifat local-konvensional. Gerakan Serikat Pekerja harus juga menglobal untuk mengimbangi kekuatan arus modal, dengan membuka jaringan kerja secara internasional, serta jauh melihat ke depan (looking forward strategy)

Misi

1. Menumbuhkan kesadaran berserikat dan solidaritas dikalangan masyarakat Pekerja.
2. Menciptakan iklim, tradisi dan budaya kehidupan Serikat Pekerja yang sehat dan kondusif.
3. Mempersatukan dan memperkuat posisi tawar pekerja baik secara sosial, ekonomi, politik maupun hukum.
4. Menegakkan, melindungi dan membela kepentingan serta hak-hak pekerja.
5. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan profesionalisme Pekerja.
6. Membangun paradigma baru gerakan Serikat Pekerja yang lebih profesional dan demokratis.
7. Meningkatkan kesejahteraan Pekerja dan keluarganya.
8. Menegakkan hak asasi manusia, demokrasi, keadilan sosial dan supremasi hukum.
9. Menjadikan gerakan Serikat Pekerja di Indonesia lebih mengglobal.
10. Mengembangkan good union governance dalam gerakan Serikat Pekerja.
11. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang concern terhadap permasalahan Pekerja.

Motto: One World..One Voice..Solidarity

Serikat Pekerja Danamon merupakan afiliasi dari ASPEK Indonesia dan tergabung dalam sektor finance.

Comments (3)

  1. BAPOR SP Danamon

    Bersatu, Berjuang, Sejahtera

  2. Dimn sy bs mengadu perihal Pelanggaran Hak Normatif Pekerja dengan alasan wabah covid-19 ini ?

    Karyawan  cuti tidak dibayar (unpaid leave) selama 7 (tujuh) bulan sejak tanggal 1 Juni 2020 – 31 Desember 2020.
    Dipaksa Mengajukan surat pengunduran diri dg uang sebesar 18jt

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: