Kaleidoscope 2018: Terbukanya Gerbang Kesejahteraan

Jakarta, SPDNews – Tahun 2018 menjadi era baru perjuangan Serikat Pekerja Danamon dengan terbukanya gerbang kesejahteraan melalui Perjanjian Kerja Bersama (PKB) 2018-2020.

Dimulai sejak penandatanganan perjanjian perdamaian, penghentian penyidikan Kepolisian Daerah Metro Jaya, rapat kerja nasional, rapat tim kecil PKB, perundingan PKB, terbitnya keputusan Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja tentang PKB, musyawarah nasional hingga implementasi PKB oleh Perusahaan menjadi catatan peristiwa perjuangan di tahun 2018.

Hadi Sulaeman, anggota DPW 2 menilai Serikat Pekerja Danamon di tahun 2018 lebih baik dan maju dengan disetujuinya uang penghargaan 0,5 upah bagi Pekerja dengan masa kerja 7 tahun.

“Perjuangan nyata, hasil nyata dan luar biasa.” puji Ardira Imas Kusumawati, anggota DPW 3.

Ardira mencontohkan perjuangan nyata secara umum dalam status pekerja PKWT bisa mendapatkan hak pesangonnya dan sebagian menjadi pegawai tetap. Banyak perubahan pada PKB baru yang berpihak untuk kesejahteraan Pekerja terutama terkait mutasi. Dari keberhasilan yang ada, Ardira memberikan kritik supaya Serikat Pekerja Danamon terus memperjuangkan keadilan upah sesuai jabatan, tanggung jawab dan masa kerja.

Pengurus Serikat Pekerja Danamon mengikuti pelatihan atau sekolah yang diselenggarakan sendiri atau organisasi perburuhan dan lembaga bantuan hukum, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam advokasi.

Hadirnya nyataberjuang.org sebagai media Serikat Pekerja Danamon, kini semakin banyak anggota yang mengetahui proses, perjalanan serta hasil perjuangan yang dilakukan oleh Serikat Pekerja Danamon.

“Kita memiliki media yang memberikan berita dan sejarah perjuangan kepada anggota. Semua anggota dapat membaca kegiatan Serikat dari tahun ke tahun, bulan ke bulan dan harian.” tutur Lyan Widiya, Ketua Bidang Advokasi.

Lyan juga membeberkan bahwa sampai tanggal 30 Desember 2018, nyataberjuang.org menerbitkan 200 berita dan telah dibaca 147.284 kali. Q4 2018, traffic pembaca selalu naik dengan jumlah setiap bulan adalah 34.731 (31 Oktober 2018), 41.968 (30 November 2018) dan 42.133 (30 Desember 2018).

Top 10 (Powered by Jetpack)

“Pembaca berita tidak hanya dari Indonesia saja tetapi juga dari negara lain. Kami senang karena terdeteksi 724 IP visitor membaca berita dari Singapura, Jepang, Malaysia, Inggris, Jerman, Perancis, India, Australia, Belanda, Amerika dan negara lainnya.” ungkap Lyan.

Berita dari nyataberjuang.org dipublikasikan kepada anggota melalui 15 group Whatsapp Serikat Pekerja Danamon se-Indonesia, group Whatsapp Afiliasi dan Aliansi serta dibagikan menggunakan akun Twitter @nyataberjuang.

Redaksi SPDNews tak luput dari kesalahan susunan kata atau kalimat dalam penulisan berita, namun terus dilakukan perbaikan sesuai dengan saran-saran dan kritik dari anggota atau pembaca.

Baca: Semakin Nyata Berjuang, Jumlah Anggota Semakin Bertambah

Mochamad Najib, anggota dari DPW 7 mengevaluasi, Serikat Pekerja Danamon sungguh luar biasa dalam memperjuangkan hak Pekerja ketika ada case dengan stafnya. Pengurus merespon cepat apa yang menjadi kendala, meskipun case belum done tetapi minimal sudah ada support dari Serikat terhadap Pekerja.

Dengan membaca nyataberjuang.org , Najib menerima manfaat yakni pengetahuan mengenai tata cara relationship yang sehat antara Pekerja dengan Perusahaan.

Najib berharap semoga Serikat Pekerja Danamon tetep solid dan tetap amanah dalam memperjuangkan aspirasi Pekerja sehingga tercipta win-win solution.

Menurut Donald Paruhum Sitorus anggota dari DPW 6, nyataberjuang.org memberikan informasi kongkrit kepada anggota dan memiliki manfaat tentang pemahaman hak-hak Pekerja.

Donald juga memiliki harapan sama yaitu, semoga Serikat Pekerja Danamon semakin kuat, semakin mampu menjadi pilar kekuatan Pekerja demi terwujudnya kesejahteraan dan keadilan bagi Pekerja.

Serikat Pekerja Danamon telah melakukan pendaftaran pendataan media ke Dewan Pers dan masih menunggu hasil verifikasinya.

“Semoga saja dengan dokumen dan SDM yang terbatas, bisa lolos verifikasi. Redaksi telah mengikuti pelatihan-pelatihan jurnalistik namun belum pernah uji kompetensi.” harapan Dannis Seniar Yullea Paripurna, Sekretaris Jendral.

Lalu bagaimana gambaran perjuangan tahun 2019? Abdoel Moedjib, Ketua Umum memberikan gambaran, “secara umum adalah mewujudkan struktur dan skala upah yang berkeadilan untuk kesejahteraan Pekerja. Serikat bisa berkolaborasi dengan Perusahaan untuk melakukan perhitungan pola komparasi dengan Perusahaan selevel, kondisi perekonomian, kontribusi Pekerja dan kinerja keuangan Perusahaan 2 tahun terahir. Sehingga secara konstruktif bisa tersaji angka-angka yang masuk akal dan diterima oleh seluruh pihak.”

Serikat Pekerja Danamon konsisten berjuang sesuai dengan tujuan, fungsi dan perannya. Dengan melakukan perubahan pola perjuangan, anggota dan seluruh Pekerja di Perusahaan diharapkan dapat merasakan hasil kerja organisasi Serikat Pekerja Danamon.

Comments (5)

  1. […] Kaleidoscope 2018: Terbukanya Gerbang Kesejahteraan […]

  2. Dannis Paripurna

    NYATA BERJUANG!

  3. Sri Rachmawaty Aulia

    NYATA BERJUANG👍👍

  4. 👍

  5. Sri Rachmawaty Aulia

    Nyata Berjuang…💪💪

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: