Persiapan Perjuangan Upah Minimum Sektoral Perbankan Kabupaten/Kota Di Jawa Timur Tahun 2019

Surabaya, SPDNews – Persoalan penetapan upah minimum sektoral Perbankan diakui hingga sekarang belum diterapkan secara menyeluruh di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Bahkan sering sekali tuntutan penerapan upah minimum sektoral Perbankan ini berujung kepada polemik berkepanjangan, disebabkan mandegnya negosiasi yang dilakukan.

Malam ini (24/09/2018) di Rolag Kopi Surabaya, dilakukan rapat harian pengurus DPW III dengan agenda persiapan perjuangan upah minimum sektoral Perbankan yang dihadiri juga DPP, Ketua DPC Malang (Ira Mustika Praba), Ketua DPC Bojonegoro (Erwinsyah Idris) serta pengurus DPW lainnya.

Tahun 2017, hanya Kota Surabaya saja yang menerapkan upah minimum sektoral Perbankan. Ada perkembangan di tahun 2018, Kabupaten Pasuruan ikut menerapkan hal yang sama namun prosentasenya lebih besar dari Kota Surabaya.

“Harus segera diusulkan, mengingat upah minimum sektoral Perbankan tahun 2018 ini baru diberlakukan di Kota Surabaya 5% dan Kabupaten Pasuruan 9%. Walau pernah gagal di Kabupaten Sidoarjo tapi masih bisa kita perjuangkan kembali. Kota Malang sebagai Kota terbesar kedua di Jawa Timur belum pernah ada upah minimum sektoral.” kata Ira.

Dengan mempertimbangkan Inflasi dan Pendapatan Domestik Bruto, Serikat Pekerja Danamon telah mempersiapkan usulan upah minimum sektoral Perbankan tahun 2019 sebesar 10% dari UMK, masing-masing untuk Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kota Malang dan Kabupaten Sidoarjo.

Igantius Gundam Hertjahjono, Ketua DPW III, akan berkomunikasi dengan Dewan Pengupahan Kabupaten/Kota dan Provinsi supaya Serikat Pekerja Danamon bisa masuk sebagai Tim Survey Independen untuk menghitung Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di Kabupaten/Kota serta tetap melakukan konsolidasi dengan Afiliasi dan Aliansi Perjuangan Buruh Jawa Timur.

“Kami juga sudah melakukan review dari 15 Bank yang mempublikasikan laporan keuangan pada semester I/2018 sebagai dasar pertimbangan ke Dewan Pengupahan.” jelas Gundam.

Comments (1)

  1. BAPOR SP Danamon

    Jawa Timur Mantap

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: