Sigap, Tim SP Danamon Terjun Bantu Pekerja Korban Banjir

Jakarta, SPDNews – Curah hujan tinggi yang mengguyur DKI Jakarta, Bekasi, Tanggerang dan sekitarnya sejak kemarin malam hingga dini hari tadi, Sabtu (20/02/2021) membuat beberapa titik mengalami banjir.

Serikat Pekerja Danamon, Dewan Pimpinan Wilayah 1 (DPW 1) Jabodetabekser terjun langsung dalam pendistribusian makanan siap saji dan evakuasi korban banjir di Masnaga, Jakasampurna, Rawalumbu, Duta Kranji, Cileduk Indah, Puri Kartika, Griya Asri Taman Mini, Pondok Gede, Ciracas dan daerah lainnya.

Sejak 21 Januari 2021, DPW 1 telah mensosialisasikan nomor telpon person in charge (PIC) yang sewaktu-waktu dapat dihubungi pekerja di Bank Danamon apabila terdampak bencana dan mensiagakan Tim Tanggap Bencana yang telah dibagi fokus penanganan di 8 titik sehingga lebih mudah dan cepat dalam bertindak.

“Kami belajar dari bencana banjir tahun lalu (2020), jadi kami bagi tim di 8 titik. Sehingga lebih cepat pengiriman bantuannya. Jadi bisa cepat dievakusi. Sosialisasi di grup Whatsapp dilakukan supaya pekerja tahu jika akan melapor”, jelas Ketua DPW 1, Ilham Dani.

Tim Tanggap Bencana Serikat Pekerja Danamon mengirimkan bantuan ke pekerja di Bekasi (20/02/2021)
Tim Tanggap Bencana Serikat Pekerja Danamon mengirimkan bantuan ke pekerja di Bekasi (20/02/2021)

Laporan pertama disampaikan Teller Kelapa Gading Square, Ria Daniswara yang rumahnya tergenang air selutut orang dewasa dan harus meninggalkan orang tua dan anak yang berusia dua tahun. Dia kemarin (19/02/2021) mengirim kabar di grup disaat sedang perjalanan menuju ke rumah sakit karena mengalami kontraksi menjelang persalinan. Lima jam kemudian, tim berhasil sampai di tempat tinggalnya.

Baca: Bantu Korban Banjir, SP Danamon Bawa Mesin High Pressure Cleaner

Ilham menjelaskan bahwa siang ini, Tim Tanggap Bencana dilarang masuk Cileduk Indah karena arus airnya kuat. Sebelumnya, di Puri Kartika dan Maharta masih bisa ditembus walaupun tinggi air seleher orang dewasa.

“Mas Ilham, jika memang tidak bisa masuk lokasi tidak usah di paksakan nanti malah membahayakan diri, tadi Mas Ismail udah coba nerobos lewat samping perumahan tapi makin lama makin  dalam …karena nunggu perahu lama banget …terima kasih Team karena sdh begitu peduli ke kami  semoga Allah membalas semua kebaikan Mas Ilham dan Team”, tulis Sri Pamularsih yang tempat tinggalnya di Cileduk Indah.

Dalam situasi ini, tim yang telah memiliki pendidikan dasar Research and Rescue (SAR) tetap memberikan upaya yang terbaik kepada pekerja dan berhasil mengirimkan bantuan ke sampai di lokasi.

Hingga berita ini ditulis, tim lainnya belum berhasil masuk ke Tanggerang karena jalur terputus di Green Lake.

“Kami atas nama pengurus DPW 1, mohon maaf jika saat ini belum bisa sampai ke rumah rekan-rekan. Mohon kesabarannya karena tim kelelahan dan medannya sangat sulit”, ungkap Ilham.

Comments (2)

  1. BAPOR SP Danamon

    SP DANAMON NYATA BERJUANG

  2. Dannis Seniar Yullea Paripurna

    Salut dengan kepedulian kawan-kawan 👍🏼

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: