APBJ Dampingi Pekerja Freeport Temui Kadisnakertrans Jatim

Surabaya, SPDNews – Senin (04/06/2018) didampingi Aliansi Perjuangan Buruh Jawa Timur, sekitar 30 orang dari perwakilan Pekerja Freeport di Jawa Timur gelar pertemuan dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Setiajit SH MM di Ruang Utama 2.

Kepada Setiajit, mereka menyampaikan keluhan karena sejak Mei 2017 sudah tidak dipekerjakan lagi oleh pihak Freeport.

Disampaikan ada 2 penyebab PHK di Freeport yaitu karena furlought dan akibat mogok kerja. Bagi yang terkena furlought masih menerima upah dari Perusahaan namun fasilitas BPJS dihentikan. Sedangkan yang terkena PHK akibat mogok kerja, tidak menerima upah sama sekali.

Para Pekerja Freeport menyampaikan tuntutan supaya dipekerjakan kembali, hak-hak mereka dibayarkan oleh Freeport termasuk fasilitas BPJS yang dihentikan serta mempertanyakan furloght karena istilah tersebut tidak ada dalam Undang-undang nomor 13 tahun 2003.

Setiajit berjanji akan memfasilitasi tuntutan para Pekerja dan diteruskan langsung ke Gubernur dan Menteri Ketenagakerjaan setelah diberi kronologis tertulis oleh Pekerja secara lengkap atas peristiwa yang terjadi. Kronologis tersebut akan dibawa sendiri menghadap Menteri di Jakarta.

Comments (1)

  1. BAPOR SP Danamon

    Freeport 💪

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: