Didemo Buruh, Ahirnya BPJS Ketenagakerjaan Cairkan JHT

Surabaya, SPDNews – SBAI Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI) PT WIM CYCLE – Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), hari Selasa tanggal 2 Juli 2019 melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan, Jl. Diponegoro No. 6, Surabaya.

Sekitar seratusan orang buruh yang pernah bekerja di produsen sepeda ini menuntut pencairan Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kematian (JKM).

SBAI Federasi Buruh Transportasi Indonesia (FBTPI) PT WIM CYCLE

“BPJS belum mau mencairkan dana JHT, JP, dan JKM dengan alasan masih ada tunggakan premi yang belum terbayarkan oleh perusahaan. Buruh dalam hal ini di rugikan. Kami menilai bahwa BPJS punya tanggungjawab melakukan penagihan bahkan hingga upaya paksa kepada perusahaan yang bandel menunggak iuran”, kata Afik Irwanto (Koordinator Aksi).

Kehadiran organisasi serikat buruh lain yang tergabung dalam Aliansi Perjuangan Buruh Jawa Timur (APBJ) seperti Serikat Pekerja Danamon, Federasi Serikat Rakyat Pekerja (FSRP) – Konfederasi Serikat Nasional (KSN), Wadah Asah Solidaritas dan KontraS Surabaya menambah semangat buruh semakin kuat. Mereka turut memberikan orasi solidaritas mendukung perjuangan para buruh ini.

Aliansi Perjuangan Buruh Jawa Timur (APBJ)

Afik dan 8 orang perwakilan buruh diterima untuk melakukan perundingan dengan pejabat BPJS. Perundingan ini berlangsung sekitar 2 jam dan mencapai kesepakatan tertulis.

“Dari tuntutan kami, dicapai kesepakatan untuk JHT yang sudah di bayarkan dapat di cairkan oleh BPJS. Untuk jaminan pensiun dan jaminan kematian masih menunggu hasil putusan sidang PKPU di pengadilan. Akan dibayarkan setelah ada pembayaran tunggakan iuran”, ungkap Afik kepada peserta aksi setelah melakukan pertemuan.

Kesepakatan ini diterima oleh buruh dan mereka bersyukur bisa mencairkan JHT-nya terlebih dahulu untuk melunasi hutang dan digunakan mencukupi kebutuhan hidup sambil menunggu JP dan JKM-nya.

Comments (2)

  1. Erwinsyah Idris

    Jangan Penjarakan Hak – Hak kami kaum Buruh yg kami perjuangkan hanya Hak – Hak yg layak demi kelangsungan hidup kaum Buruh ✊

  2. Dannis Seniar Yullea Paripurna

    Alhamdulillah

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: