Japan International Labour Foundation Apresiasi Kemajuan SP Danamon

Tokyo, SPDNews – Ketua Umum, Abdoel Moedjib dan Sekretaris Jendral, Dannis Seniar Yullea Paripurna mendapat kesempatan istimewa untuk belajar ketenagakerjaan di Jepang.

Kehadiran mereka disambut oleh President Japan International Labour Foundation (JILAF), Yasunobi Aihara di Tokyo, Jepang (03/07/2023).

Moedjib menyampaikan terima kasih dan menceritakan riwayat Serikat Pekerja Danamon sebelum kenal JILAF. Saat hubungan industrial sampai pada titik paling rendah. Sehingga aksi-aksi demonstrasi di jalanan menjadi pilihan utama dalam menyampaikan tuntutan kesejahteraan.

Dannis Seniar Yullea Paripurna (Sekretaris Jendral) dan Abdoel Moedjib (Ketua Umum) menyerahkan cinderamata kepada Yasunobu Aihara (President JILAF) dan Toshikazu Saito (General Secretary JILAF) di Gedung Showa-Kanda, Chiyoda-Ku, Tokyo, Jepang (03/07/2023)

Setelah Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) meningkatkan investasinya di PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (BDMN) menjadi 40% kepemilikan saham dan menjadi pemegang saham pengendali. Moedjib dan Dannis bertemu Hiroyuki Naguno (President JILAF sebelumnya) di Surabaya, membahas mekanisme dan pola hubungan industrial terbaik yang bisa diterapkan di Bank Danamon.

Baca: Bertemu BoD, Serikat Pekerja Danamon Ingin Hubungan Industrial Seperti Di Jepang

JILAF adalah lembaga yang didirikan oleh RENGO atau Japan Trade Union Confederation (JTUC) pada tahun 1989. Selama 32 tahun terakhir, telah mempromosikan pertukaran dan kerja sama internasional dengan tujuan untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara berkembang melalui pembentukan Serikat Pekerja yang konstruktif berdasarkan situasi ketenagakerjaan dan pengalaman hubungan industrial di Jepang.

Baca: MUFG Bawa Gerbong Baru Di Danamon

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada tanggal 1 Oktober 2019 mengangkat Yasushi Itagaki menjadi President Director PT Bank Danamon Indonesia, Tbk menggantikan Sng Seow Wah dan saham yang dimiliki oleh MUFG telah mencapai 92,47%. Hubungan semakin harmonis karena adanya komunikasi yang baik dan sikap saling menghargai sehingga banyak usulan untuk peningkatan kesejahteraan Pekerja yang disetujui Perusahaan.

Baca: Level Engagement Bank Danamon Lewati Rata-rata Industri

Serikat Pekerja Danamon juga telah membuat tata kelola keuangan dan penanganan keluh kesah sehingga organisasi bisa dijalankan secara profesional.

Program dan pencapaian perjuangan disosialisasikan dengan baik. Pekerja semakin memahami pentingnya berserikat sehingga jumlah anggota naik dari 14,09% menjadi 40,12% per Juni 2023.

Baca: Terima Kasih Pak Yaz, Selamat Datang Pak Ejima

Aihara senang mendengar perkembangan yang disampaikan Moedjib dan mengapresiasi kemajuan Serikat Pekerja Danamon.

“JILAF akan melanjutkan kegiatannya dengan tujuan untuk mempromosikan pembangunan Serikat Pekerja yang demokratis dan independen, serta pembangunan sosial dan ekonomi yang sehat di negara-negara berkembang. Saya dengan tulus menantikan dukungan anda dan kerja sama lebih lanjut dalam upaya ini,” kata Aihara.

Comments (6)

  1. BAPOR SP Danamon

    🔥🔥🔥🔥🔥

  2. SP Danamon makin mendapat perhatian dari JILAF, bukti SP Danamon terstruktur dan sistematis melakukan upgrade baik diinternal juga external..
    Hubungan Industrial dengan komunikasi yang baik, saling menghargai dan menghormati sebagai dasar sehingga banyak usulan yg kita capai dalam meningkatkan kesejahteraan DANAMONERS

    SALUT UNTUK SP DANAMON
    #nyataberjuang

  3. Hidup Buruh!

  4. tisco indianto

    Salah satu konsolidasi SPD dg JILAF membuktikan, kita makin dikenal di dunia perburuhan Internasional. Nyata Berjuang

  5. […] Baca: Japan International Labour Foundation Apresiasi Kemajuan SP Danamon […]

  6. Dannis Seniar Yullea Paripurna

    👍🏼

Tinggalkan Balasan