Yasushi Itagaki Tanda Tangani Kesepakatan Dengan Serikat Pekerja Danamon

Jakarta, SPDNews – PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (perusahaan) dan Serikat Pekerja Danamon telah menyepakati perpanjangan masa berlaku Perjanjian Kerja Bersama (PKB) periode 2018-2020. Alasannya, kondisi pandemi COVID-19 menyebabkan proses perundingan untuk pembaharuan PKB tidak dapat dilakukan.

Masa berlaku PKB diperpanjang untuk jangka waktu 1 tahun sampai dengan tanggal 31 Juli 2021.

Perpanjangan PKB dituangkan dalam bentuk kesepakatan bersama yang ditandatangi oleh Yasushi Itagaki (Direktur Utama) dan Heriyanto Agung Putra (Direktur) sebagai wakil dari perusahaan. Sedangkan dari Serikat Pekerja Danamon diwakili oleh Abdoel Moedjib (Ketua Umum) dan Dannis Seniar Yullea Paripurna (Sekretaris Jendral).

Dannis Seniar Yullea Paripurna (Ketua Tim SP Danamon) dan Muhammad Nasrul (Ketua Tim Perusahaan) saat menyelesaikan perundingan PKB di Balikpapan (16/07/2018)

Kementerian Ketenagakerjaan RI mencatat perpanjangan PKB ini melalui keputusan Direktur Jendral Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja nomor KEP.132/PHIJSK-PK/PKB/VII/2020 tertanggal 23 Juli 2020.

Sebagai organisasi resmi yang mewakili pekerja, Serikat Pekerja Danamon telah menyampaikan usulan-usulan yang dijadikan pertimbangan oleh perusahaan untuk melakukan langkah-langkah pemantauan dan penanggulangan selama pamdemi COVID-19 demi kesehatan dan keselamatan pekerja.

Baca: PKB 2018-2020 Lahir Saat Ulang Tahun Danamon ke 62

Hasilnya, pemberian insentif khusus di bulan April dan Mei 2020 bagi pekerja grade 7 sampai grade 14 sebagai bentuk sharing emphaty serta dilakukannya pembaharuan fasilitas kesehatan bagi pekerja sebagai bagian dari solusi komprehensif (end to end) dengan semangat perbaikan atau peningkatan dan perluasan atas manfaat yang sudah ada.

Menurut Moedjib, pembicaraan ahir untuk usulan konsep simplifikasi serta eligibilitas fasilitas penugasan dinas ke luar kota baik jangka panjang maupun jangka pendek, jangka waktu penugasan bahkan kriteria penugasan sudah dilakukan secara tuntas dan pekerja diminta menunggu pengumuman resminya dari perusahaan.

Namun agenda perjuangan struktur dan skala upah yang dilandasi produktifitas, pengabdian dan kontribusi masih belum tuntas terbahas akibat dampak COVID-19.

Baca: Penandatanganan PKB 2018-2020 Antara PT Bank Danamon Indonesia, Tbk Dengan Serikat Pekerja Danamon

“Perpanjangan PKB kali ini tentu dengan tambahan kesejahteraan. Sebagai tambahan nilai yang terukur bagi kita dan perusahaan. Dukungan dari anggota akan sangat membantu dalam meningkatkan bargaining. Supaya dalam perundingan mendatang, akan semakin mudah dalam mencapai kesepakatan PKB yang lebih mensejahterakan,” jelasnya.

Terahir, ia mengatakan bahwa perusahaan bersama Serikat Pekerja Danamon sepakat dan tetap berupaya untuk melakukan persiapan-persiapan terkait dengan pembaharuan PKB dengan mempertimbangan kondisi pandemi dan arahan pemerintah.

Comments (11)

  1. Dannis Seniar Yullea Paripurna

    Alhamdulillah

  2. Erwinsyah Idris

    Tetap Semangat Meski dimasa Pandemi Jangan Padamkan Perjuangan

  3. srirachmawatyaulia

    Luar biasa, SP DANAMON NYATA BERJUANG πŸ‘πŸ»

  4. JARKOM SP Perbankan Jatim

    Salut buat Serikat Pekerja Danamon dan Bank Danamon. Di situasi pandemi COVID-19 mampu memberikan tambahan kesejahteraan bagi pekerja beserta keluarganya.

  5. Bravo buat SPD yang selalu nyata berjuang

  6. Rima Yuniati

    Alhamdulillah….SP Danamon pancen Oye,Jos,Matoh,Top…disaat situasi saat ini tetap mengedepankan kesejahteraan karyawan dan keluarga…semoga Allah memberikan barokah, kesehatan pada kita semua…aamiin

  7. Stevanus Kristianto

    Selamat kepada SP Danamon dan Manajemen. Semoga menginspirasi baik serikat maupun manajemen perbankan lainnya.

  8. tisco indianto

    meskipun belum maksimal perjuangan ini..tp kesepakatan di dlm PKB 2018..msh bs menjembatani kepentingan perusahaan dg karyawan.

  9. srirachmawatyaulia

    Satu persatu dan step by step tampak NYATA bukti perjuangan kesejahteraan Pekerja.πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  10. I Ketut Pasek

    Mantap Danamon, semoga sinergi yang bagus antara sp dan management membuat Danamon Semakin Maju
    Tetap terkendali disaat pandemi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: