Cegah COVID-19, SP Danamon KULWAP Dengan MCCC PP Muhammadiyah

Jakarta, SPDNews – Wabah virus corona atau COVID-19 masih menjadi kekhawatiran di dunia, termasuk di Indonesia. Pada 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya penyakit yang disebabkan infeksi COVID-19.

Setelah hampir tiga minggu, jumlah kasusnya terus bertambah. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat. Masyarakat diimbau untuk waspada, tetapi tidak panik.

Di tengah gempuran informasi seputar COVID-19, tak sedikit pekerja yang merasakan kecemasan. Bagaimana cara menjaga kesehatan mental dengan tetap waspada tetapi tidak panik dan takut berlebihan menghadapi wabah COVID-19.

Supaya pekerja tidak larut dalam kecemasan, Serikat Pekerja Danamon DPW 1 Jabodetabekser bekerjasama dengan Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) melaksanakan kuliah Whatsapp atau disingkat KULWAP.

Dr. Ahmad Muttaqin Alim, Sp.An, M.Sc. DM (EMDM)

KULWAP dilakukan hari Sabtu (21/03/2020) mulai pukul 14:00 WIB dengan narasumber, Wakil Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. Ahmad Muttaqin Alim, Sp.An, M.Sc. DM (EMDM).

Narasumber menjelaskan melalui voice recording dan tulisan. Saat sesi tanya jawab dibuka, langsung tiga pekerja bertanya. Begitu pula saat sesi kedua sampai keempat dibuka.

Dalam penutupnya, Alim berpesan kepada pekerja untuk mengantisipasi COVID-19 terutama saat melaksaaan pekerjaan di perusahaan.

“COVID-19 itu bisa berbahaya, sekaligus bisa dicegah. Tugas kita semua, anda dan seluruh yang anda kenal, adalah mencegah penularan,” kata Alim.

Caranya melalui personal protection yaitu cuci tangan, etika batuk dan bersin, jangan meludah atau buang ingus sembarangan, tingkatkan imun dan lain-lain. Kemudian community protection di kantor melalui penegakan aturan-aturan yang baik untuk pencegahan. Seperti melakukan social distancing, disinfeksi rutin, halangi yang sakit untuk masuk kerja, dan bekerja dari rumah.

Comments (1)

  1. Dannis Seniar Yullea Paripurna

    DPW 1 TOP

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: